oleh

Wali Kota Probolinggo: Jadilah ASN yang Mengedepankan Akhlak dan Toleransi

Berita Sidikkasus.co.id

Probolinggo – Pemkot Probolinggo meluncurkan Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa”, di Ruang Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota Probolinggo, Senin (11/10).

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Sedangkan banggamelayanibangsa merupakan Employer Branding ASN yang melayani sepenuh hati.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menuturkan, peluncuran Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding ASN, sekaligus deklarasi atau komitmen untuk bersama-sama mewujudkan apa yang menjadi harapan kita semua. Ia menyampaikan, keluarga besar Pemkot Probolinggo berkomitmen untuk betul-betul melaksanakan apa yang menjadi harapan kita semua dengan tema Berakhlak.

“Mari jadikan diri kita, di momentum yang berharga ini sebagai abdi negara untuk melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Probolinggo khususnya. Ini menjadi kewajiban kita,” tegasnya.

Pria nomor satu di Kota Seribu Taman itu menyebut, momen peluncuran yang berbarengan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW kali ini, selaras dan seirama dengan komitmen yang diharapkan oleh pemerintah, untuk mengedepankan akhlak dan menghargai satu sama lain.

“Jadilah ASN yang mampu menunjukkan jati diri, karakter, sifat, tingkah laku untuk menjadi tauladan bagi masyarakat lainnya. ASN yang mengedepankan akhlak dan toleransi satu sama lain, untuk menunjukkan pengabdian kepada nusa, bangsa dan negara,” pesannya.

Sementara itu, Sekda Ninik dalam laporannya menyampaikan, peluncuran nilai dasar ini adalah untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan. Ia juga menegaskan bahwa ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”

Dengan ditetapkannya BerAKHLAK dan Employer Branding ASN, lanjutnya, diharapkan menjadi penguat budaya kerja ASN yang professional dalam melayani masyarakat. “Diharapkan ASN mempunyai semangat dan semboyan yang sama dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Orientasi layanan yang berkualitas dan profesional, harus dimaknai dengan baik oleh seluruh ASN. ASN harus bisa mendobrak dan menghapus stigma negatif masyarakat,” katanya.

Ninik menambahkan, maksud dilakukannya giat ini adalah sebagai akselerasi transformasi ASN dalam rangka penguatan budaya kerja untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan kompetensi SDM ke arah yang lebih professional serta mampu beradaptasi terhadap perubahan.

Adapun tujuannya, jelasnya, melaksanakan komitmen seluruh kepala perangkat daerah terhadap implementasi core values dan employer branding ASN Pemkot Probolinggo agar menjadi pondasi budaya kerja yang lebih baik dalam melaksanakan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Giat itu dihadiri Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Sekda Kota drg. Ninik Ira Wibawati, para asisten, dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Probolinggo. Serta diikuti oleh seluruh ASN secara virtual melalui akun media sosial Pemkot Probolinggo.

Mengacu pada Core Values ASN BerAKHLAK, berikut panduan perilaku ASN Pemkot Probolinggo yang diharapkan menjadi nilai karakter yang bisa dilihat secara nyata hasilnya oleh masyarakat. Baik dalam bersikap, berbuat, berkata, dan pengabdian untuk kemajuan Kota Probolinggo menuju pemerintahan yang hebat dan handal.

Berorientasi Pelayanan artinya memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat; ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan; melakukan perbaikan tiada henti. Akuntabel yaitu melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas tinggi; menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien; tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Perilaku ASN juga harus Kompeten, artinya meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah; membantu orang lain belajar dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik. Harmonis dengan menghargai setiap orang apapun latar belakangnya; suka menolong orang lain dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal dengan memegang teguh ideologi Pancasila, UUD RI 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah; menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi, dan negara; menjaga rahasia jabatan dan negara. Adaptif yaitu cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik; terus menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi dan bertindak proaktif.

Dan yang terakhir, kolaboratif, memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi; terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumberdaya untuk tujuan bersama. (Yuli)

Komentar

News Feed