oleh

Tinjau Literasi Mengaji: Bupati Bondowoso Minta Lembaga Tanamkan Nilai Karakter Siswa

Berita Sidikkasus.co.id

Bondowoso – Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin melakukan safari Ramadhan dengan mengunjungi lembaga pendidikan di sejumlah taman kanak-kanak.

Diantaranya ke TK At-Taqwa, Bupati Salwa Arifin meninjau program Literasi Mengaji Al Quran ke sekolah-sekolah yang merupakan program dari Dinas Pendidikan Bondowoso.

Program Literasi Mengaji mewajibkan para siswa untuk meningkatkan kegiatan keagamaan dengan wajib mengaji Al Quran setiap pagi di setiap sekolah.

Untuk memastikan program tersebut berjalan, Bupati KH Salwa dan Kepala Dinas Pendidikan, Sugiono Eksantoso meninjau sejumlah TK berbasis Islami, diantaranya TK ABA 1, TK Yima, TK Al Irsyad dan TK At Taqwa Bondowoso. Rabu (13/04/2022).

Bupati KH Salwa menegaskan bahwa program Literasi Mengaji berjalan dengan baik dan wajib terus ditanamkan sehingga dapat meningkatkan pendidikan karakter dan keagamaan. “Alhamdulillah sudah berjalan. Setelah kami keliling, sudah banyak siswa yang bisa baca Al Quran, “tuturnya.

Sementara Kepala Dispendik Bondowoso, Sugiono Eksantoso mengatakan, Bahwasannya program yang dilaunching pada tahun lalu tersebut sementara menyasar siswa TK dan akan berlanjut ke tingkat SD dan SMP. Tak hanya menyasar pada aspek intelektual saja, namun literasi mengaji juga untuk penanaman pendidikan karakter. “Bahkan target kami nanti anak TK yang mau ke SD sudah bisa menghafal minimal 10 surat. SD yang ke SMP harus ada sertifikat hatam Al Quran. Tapi dari SMP ke SMA sudah harus hafal minimal Juz 30, “paparnya.

Tidak menutup kemungkinan, kata Sugiono, Bagi siswa yang dapat menghafal Al Quran tersebut mendapatkan apresiasi berupa bea siswa. Ke depan, pihaknya akan terus memantau program tersebut hingga ke lembaga pendidikan pinggiran. “Karena memang ada alokasi dana untuk yang hafal Al Quran perlu diapresiasi itu, “pungkasnya. (yus)

Komentar

News Feed