oleh

Tingkatkan Kompetensi Pengadaan Barang/Jasa, PPK di Agam Ikuti Bimtek

Berita Sidikkasus.co.id

Agam Sumbar – Pemerintah Kabupaten Agam Sumatera Barat, gelar bimtek bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dalam mengoptimalisasi strategi belanja Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di daerah itu.

Bimtek yang diikuti 85 PPK dari seluruh OPD itu, dibuka Bupati Agam diwakili Sekdakab Agam, Drs. Edi Busti, M.Si, di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Selasa (29/3).

Kegiatan dalam meningkatkan kapasitas PPK ini, mendatangkan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP) pusat, Imam Arumsyah. 

“PPK merupakan salah satu pejabat perbendaharaan yang miliki peran strategis, dalam peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah,” ujar Sekdakab Agam, Edi Busti.

PPK sendiri, katanya, punya tugas pokok seperti, penetapan rencana pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, menerbitkan surat penunjukan penyedia barang dan jasa. Kemudian menyusun, menandatangani, melaksanakan dan mengendalikan kontrak.

Ia menyadari, selama ini muncul polemik dengan adanya perubahan aturan tentang pengelola keuangan daerah, sehingga ada rasa ketakutan dan kekhawatiran dari PPK dalam menjalankan tugasnya.

“Akibatnya sering terjadi keterlambatan register kontrak ke Bagian Administrasi Pembangunan,” sebutnya.

Dengan begitu, menurut sekda melalui bimtek ini PPK bisa memahami aturan, menerjemahkan target yang ada secara baik dan benar, sehingga tidak ragu lagi dalam pekerjaan belanja barang dan jasa.

“Dengan kita meningkatkan profesionalisme dan kompetensi PPK, dapat mengurangi risiko kesalahan pengelolaan keuangan daerah,” sebutnya.

Selain itu, juga dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran, serta memperkuat efesiensi melalui pengendalian anggaran administratif jadi lebih produktif.

Ia optimis, ke depan PPK di Agam akan lebih cermat dan tepat dalam pengadaan barang dan jasa, agar anggaran bisa terserap maksimal dan tepat sasaran.

“Kita targetkan program yang dianggarkan tahun ini, bisa terealisasi agar pembangunan di Agam maksimal, bahkan secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya. (Syafrianto)

Komentar

News Feed