oleh

Tim Pensosmas Desa Plampangrejo Dukung Penanganan Permasalahan Sosial, Distribusi Bansos Disabilitas

Berita sidikkasus.co.id

BANYUWANGI – Tim PENSOSMAS ( Penyuluh Sosial Masyarakat) Banyuwangi bergerak cepat sesuai S.O.P KEMENSOS.
Penyuluh sosial menjadi elemen penting dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Dengan upayanya mendukung penanganan permasalahan sosial, Penyuluh sosial dapat berperan sebagai mediator antara masyarakat dan pemerintah. Hal ini terutama dalam implementasi pelaksanaan program-program prioritas nasional sampai ketingkat bawah untuk penanganan permasalahan sosial di tengah masyarakat yakni terkait pendistribusian Bansos ( Bantuan sosial) beras kepada penyandang difabel 8 kecamatan di kabupaten Banyuwangi. (Rabu 25/Agustus 2021)

Relawan PENSOSMAS mengatakan,” Penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas). Pensosmas adalah relawan dari masyarakat yang bertugas memberikan penyuluhan di bidang pembangunan kesejahteraan sosial. “Mereka juga dilibatkan dalam bimbingan sosial serta menggerakkan partisipasi sosial masyarakat.

Lebih lanjut, Pensosmas merupakan kepanjangan tangan sekaligus mitra Dinas Sosial yang langsung bersinggungan dengan masyarakat. Tugas dan tanggungjawab pensosmas jauh lebih besar saat pandemik seperti ini, yaitu mengawal bantuan sosial dari Pemerintah.” Pensosmas tidak sendiri, ada keterlibatan dari berbagai unsur masyarakat, seperti Karang Taruna, dan lain-lain. Kami harap teman-teman ini bisa jadi mobilisator untuk menggerakkan masyarakat bersinergi dengan elemen lain dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Pada hari Selasa tanggal 24 Agustus 2021 jam 12:00 WIB s/d 16: WIB pensosmas yang ada di kabupaten Banyuwangi gelar kegiatan mendiskusikan Bansos beras untuk difabel 8 kecamatan : Muncar,Srono,Tegaldimo, Cluring, Purwohajo, siliragung, Pesanggaran,dan Bangorejo.
Tim relawan PENSOSMAS mendukung program pemerintah memberikan Bansos beras kepada penyandang difabel karena dalam kondisi PPKM Level 4 Dinas Sosial Banyuwangi dab penyuluh sosial masyarakat ( PENSOSMAS Banyuwangi) selalu hadir membantu meringankan beban para penyandang disabilitas di wilayah-wilayah desa sebagai wujud solidaritas kepada mereka.
Kami tim relawan merasa empati masalah-masalah Sosial ditengah masyarakat, dengan niat ikhlas lillahi taallah, sesuai motto PENSOSMAS Banyuwangi, siap iklas melayani,” tutur Sarimuda ( relawan PENSOSMAS)

Imbuhnya,” Kita Pensosmas wajib sebagai garda terdepan.
Sebagai penyuluh sosial bisa membagi peranan dimasing-masing wilayah, karena keterbatasan akomodasi jangan patah semangat tetap berjalan membantu memajukan dan mewujudkan program KEMENSOS.
Selaku Pensosmas wajib mendatangi/mendampingi penyaluran bantuan sampai kepada penerima dan wajib mendukomentasikan difabel penerimanya, bahwa bansos beras telah diterima yang berhak.” pungkas Sarimuda. (Joen SDK)

Komentar

News Feed