oleh

Sambut HKG PKK ke- 50, PKK Pusat Teken MoU dengan BNN RI

Berita Sidikkasus.co.id

Probolinggo – Di bawah komando Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melaksanakan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional ke-50, Selasa (8/3) secara virtual di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepulauan Riau (Kepri).

Acara ini juga menegaskan bahwa aksi nyata telah dilakukan oleh TP PKK Pusat pada masa kepemimpinan Tri Tito Karnavian yang dilantik sejak 2019 lalu. Diantaranya penyerahan dokumen kependudukan kepada masyarakat di seluruh Indonesia yang berhak serta pemenuhan berbagai bantuan yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan sosial dasar warga termasuk vaksinasi COVID 19 dan sebagainya.

Acara secara online yang diikuti jajaran TP PKK seluruh Indonesia ini juga melaksanakan MoU dengan BNN RI tentang penguatan keluarga dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika. Penandatanganan dilakukan Ketua Umum PKK Pusat Tri Tito Karnavian dengan Kepala BNN RI Komjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Selain itu, Ketua TP PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari Ansar membacakan sejarah singkat gerak PKK. Dijelaskan olehnya PKK yang merupakan gerakan pembangunan mayarakat bermula dari seminar home economic di Bogor pada tahun 1957, dengan menghasilkan rumusan 10 segi kehidupan keluarga itu diharapkan mampu mewujudkan keluarga sejahtera.

“PKK adalah suatu gerakan pembangunan yang tumbuh dari bawah, dikelola oleh, dari dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang sejahtera. PKK adalah lembaga sosial kemasyarakatan yang independen non profit dan tidak berafiliasi kepada suatu partai politik tertentu,” jelasnya.

Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian berharap program kerja TP PKK di daerah senantiasa bersinergi dengan program pemerintah daerah. Karena itu, TP PKK perlu memahami berbagai program unggulan dan prioritas yang dimiliki pemerintah daerah. Melalui pemahaman itu, TP PKK dapat memetakan pelaksanaan 10 program pokok yang diemban TP PKK. Tak hanya itu, program kerja juga perlu disusun sesuai dengan potensi yang dimiliki daerahnya masing-masing.

Giat daring itu diikuti Ketua Tim Penggerak PKK Aminah Hadi Zainal Abidin didampingi 5 orang pokja di Command Center kantor wali kota. Dalam waktu dekat Tim Penggerak Kota Probolinggo bakal menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke 50.

Pewarta:Yul

Komentar

News Feed