oleh

Ratusan Prajurit Kodim 0825/Banyuwangi Uji Kemampuan Ikuti Tes Garjas Periodik

Berita Sidikkasus.co.id

Banyuwangi – Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik, ratusan Prajurit Kodim 0825/Banyuwangi melaksanakan tes kesegaran jasmani (garjas) periodik di Lapangan Gor Tawangalun Banyuwangi. (11-05-2022)

Kegiatan Garjas periodik tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan sebelum kegiatan kesempatan jasmani dimulai semua peserta memakai masker, menjaga jarak dan panitia penyelenggara menyediakan handsanitizer, tempat cuci tangan serta Thermogun.

Sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu peserta garjas melaksanakan pengecekan tensi dari tim kesehatan Polkes Kodim 0825 dan pengisian blanko. Setelah pengecekan tensi selesai Sertu Septian Bajasrem 083 memimpin apel pemanasan guna membantu otot dan sendi lebih siap bergerak.

Tes Garjas Periodik ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI yang dilakukan dua kali dalam setahun. Dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik prajurit, dan sekaIigus untuk mengukur kemampuan fisik para Prajurit.

Tujuan pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani ini adalah, untuk mengetahui kemampuan dan kondisi fisik prajurit. Selain itu, tes kesamaptaan jasmani juga sebagai tolak ukur, untuk menentukan dan meningkatkan program pembinaan jasmani para prajurit TNI.

Kesegaran jasmani tersebut meliputi tes kesegaran A berupa lari dengan waktu 12 menit dan tes kesegaran B berupa pull up, twis sit up, push up, dan lunges dengan durasi 1 menit serta shuttle run dengan durasi kecepatan waktu, ditambah dengan ketangkasan renang jarak 50 meter.

Kasdim 0825 Mayor Inf Herawady Karnawan mengatakan,”Tes kesegaran jasmani ini merupakan kewajiban bagi setiap prajurit. “Tes kesegaran jasmani ini juga merupakan program TNI-AD yang harus dilaksanakan setiap prajurit TNI-AD,” ungkapnya, disela-sela meninjau pelaksanaan tes kesegaran jasmani di Gor Tawangalun Banyuwangi.

“Kegiatan kesegaran jasmani berjalan dengan aman dan semua peserta garjas sehat tidak ada yang mengalami cidera,”pungkasnya.
( Joen SDK )

Komentar

News Feed