oleh

Puluhan Massa Menggelar Aksi Demonstrasi Di Kantor Dinas Perikanan Dan Kelautan Dan Di Polda Sulawesi Tenggara

Berita Sedikkasus.co.id

SULTRA – Massa Aksi yang mengatasnamakan Koalisi Aktivis Masyarakat Moramo Utara Sulawesi Tenggara itu meminta kepada dinas perikanan dan kelautan segera menyelesaikan per soalan yang di alami masyarakat kecamatan Moramo utara

Rahmat Taslim, SH selaku jendral lapangan pada pergerakan aksi itu dalam orasinya menyampaikan.

” Bahwa saat ini di perairan kec.Moramo Utara kab. Konawe Selatan telah ber operasi sebuah kapal nelayan yang di duga ber asal dari luar prov. Sulawesi tenggara dan menggunakan alat penangkapan ikan yang sudah modern sehingga dengan alat itulah mereka dengan sangat gampang dalam melakukan penangkapan ikan, aksi inilah yang hari ini menganggu kestabilan masyarakat nelayan Moramo utara sebab masyarakat nelayan disana masih menggunakan alat tankap yang tradisional” tuturnya.

” Dan saat ini perputaran ekonomi masyarakat nelayan kec.moramo Utara sangat memperihantikan di karenakan hasil tangkap ikan yang sudah tidak maksimal lagi semenjak masuknya kapal nelayan yang di duga ber asal dari luar provinsi Sulawesi tenggara dan bahkan ada sebagian alat tangkap sudah tidak dapat di fungsikan” ungkap aktivis yang hobi membaca itu.

“Itulah kenapa kami harus melibatkan instrumen negara yang membidangi persoalan penangkapan ikan itu agar secepatnya mengambi sikap untuk menghentikan aktivitas kapal nelayan pendatang itu, sebab jika di biarkan terlalu lama berpotensi akan menimbul kan pertikaian antara masyarakat nelayan lokal dan nelayan pendatang itu sebab aktivitas nelayan pendatang saat ini sudah sangat meresahkan dan Bahkan sudah berdampak terhadap pendapatan ekonomi masyarakat yang sudah mulai mengalami kemerosotan” akhir orasi jendlap itu.

Hasil pantauan awak media Sidikkasus.co.id pihak Demonstrasi di temui dan di mediasi langsung oleh LA ODE KARDIN, SE, M.SI selaku kepala dinas perikanan dan kelautan provinsi Sulawesi tenggara.

” Kami akan secepatnya menangani persoalan ini, beri kami waktu 2 hari, terhitung hari ini kebetulan hari kamis ada kunjungan Dirjen Kelautan dan kami ada agenda untuk Rapat Dengar Pendapat ( RDP ) Saya akan tekankan agar pelaku penangkap ikan ini segera di hentikan dan ditindak sesuai peraturan yang berlaku, sebelum (RDP) ini dilakukan saya akan mengirim tim patroli untuk mengawasi perairan Moramo” ungkap kadis saat mediasi.

Reporter : M. Sunandar

Komentar

News Feed