oleh

Polresta Banyuwangi Gelar Rakor Oprasi Ketupat Semeru 2022, Amankan Idul Fitri 1443 H

Berita sidikkasus.co.id

BANYUWANGI,_ Bulan Ramadhan 1442 H sudah kita jalani 12 hari di tengah kondisi pandemi, dan persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri terus dipersiapkan oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi. Hal ini terlihat pada Kamis (14/04/2022) di Gedung Rupatama Wira Pratama Polresta Banyuwnagi digelar Rapat Koordinasi dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2022 di Kabupaten Banyuwangi.

Dihadiri Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu, Kabag Ops Kompol Agung Setyo Budi, dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, ASDP Ketapang, Jasa Raharja, Kodim 0825, Lanal Banyuwangi, BPBD, Dinas Kesehatan dan para pejabat utama serta Kapolsek jajaran Polresta Banyuwangi.

Rapat koordinasi ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan juga penggunaan masker. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi menuturkan,” Rapat Koordinasi Ops Ketupat Semeru 2022 ini merupakan bentuk awal meninjau kesiapan tim gabungan untuk mengamankan mudik lebaran 2022,” tuturnya.

“Kami menggelar Rakor dengan instansi terkait adalah bagian dari kesiapan kami untuk mengamankan mudik lebaran tahun ini, dimana peraturan sudah dilonggarkan yakni yang mudik harus sudah divaksin booster,” ujar Kombes Pol Nasrun.

Dengan Luas Wilayah Kabupaten yang 5.782,50 KM2, jumlah kecamatan sebanyak 25 kecamatan dan Desa/Kelurahan 217. Jumlah Penduduk 1.692.324 jiwa dan jumlah Polri (Polres Banyuwangi), 1.038 personil.

“Polresta Banyuwangi beserta seluruh jajaran, didukung TNI, instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan operasi dalam bentuk operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Ketupat Semeru 2022” selama 12 hari di seluruh Indonesia dalam bentuk Harkam yang mengedepankan giat preemtif, preventif yang didukung giat Gakkum dan Banops dalam rangka mendukung bijak pemerintah guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman,” jelas Kapolresta Banyuwangi.

Kapolresta menambahkan,” Bahwa tentunya, kedepan pihaknya akan terus memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi dan terus mengajak masyarakat Banyuwangi untuk mensukseskan vaksin booster agar bisa tetap aman dan selamat serta bisa berkumpul bersama keluarga besar di rumah saat perayaan Idul Fitri.

“Polresta Banyuwangi melaksanakan kegiatan KRYD (Kegiatan Razia Yang Ditingkatkan) Pra maupun Pasca Idul Fitri, memberikan dukungan kebijakan pemerintah, melaksananakan himbauan pencegahan Covid-19, menghimbau masyarakat selama lebaran 2022 untuk tetap terapkan Prokes, bersama stake holder melaksanakan percepatan Vaksinasi 1,2 maupun Booster dan bersama TNI dan Instansi terkait membentuk 8 Pos Pam, 11 Pos Yan,” papar Kapolresta Banyuwangi.

Lanjut,” Bahwa dalam Ops Ketupan Semeru tahun ini pihaknya telah menyiapkan 889 personil yang terdiri dari 420 personil Polresta Banyuwangi, 30 Brimob, 90 TNI dan 379 stake holder terkait lainnya. Dengan obyek pengamanan sebanyak 222 obyek, 6 terminal, 36 tempat wisata, 8 stasiun, 3 pelabuhan, 1 Bandara, 147 masjid, 8 pusat perbelanjaan.

Sementara itu Pos Pam dan Pos Yan akan di tempat di 19 titik antara lain, Pos Pam wongsorejo, Pos Yan Pelabuhan ASDP Ketapang, Pos Pam Licin, Pos Pam Kalibaru, Pos Yan Stasiun Ketapang, Pos Pam Kota, Pos Pam Rogojampi, Pos Pam Cluring, Pos Pam Gambiran, Pos Pam Genteng, Pos Yan GWD, Pos Yan Bandara, Pos Yan Glagah, Pos Yan Songgon, Pos Yan Sempu, Pos Yan Glenmore, Pos Yan Purwoharjo dan Pos Yan Pulau Merah.

“Kami juga sudah memetakan dan mendatakan daerah rawan Laka, rawan kemacetan dan rawan pelanggaran lalu lintas serta rawan bencana, sekaligus telah dipersiapkan skenario penanganan terhadap hal-hal tersebut apabila nantinya terjadi di lapangan bagaimana langkah antisipasi dan penanganannya,” tutup Kapolresta Banyuwangi. ( Joen SDK/Humas)

Komentar

News Feed