oleh

Pokdarwis di Kota Probolinggo Ikuti Sosialisasi

Berita Sidikkasus.co.id

Probolinggo – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) mengadakan Sosialisasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Kamis (7/10), di Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota Probolinggo. Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Kota Probolinggo dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pokdarwis.

Pokdarwis adalah kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab. Pokdarwis berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengutarakan, silaturrahmi merupakan tradisi yang patut dilestarikan dan dikembangkan serta dipertahankan. Karena tradisi itu mempunyai maksud dan tujuan yang mulia, yakni mempererat tali persaudaraan, silaturahmi dapat dikemas seperti kegiatan pembinaan pokdarwis.

“Silaturahmi merupakan tradisi yang harus kita jalin. Karena dengan silaturrahmi juga kita bisa menyamakan persepsi dan harapan apa yang akan pemerintah lakukan dan apa yang menjadi daya tarik potensi yang bisa dikembangkan,” katanya.

Ia menambahkan, pembinaan pokdarwis perlu dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di sektor pariwisata dalam rangka mengangkat potensi wisata daerahnya masing-masing agar dapat dikenal masyarakat luas sehingga kunjungan wisatawan semakin meningkat.

Habib Hadi meminta Dispopar untuk concern pada pokdarwis yang sudah memiliki progress, untuk bisa disupport dan dikembangkan supaya bisa bersaing dengan pokdarwis lainnya secara sehat.

Salah satu program pengembangan pariwisata yang dicanangkan oleh Kota Probolinggo untuk menjadikan kota ini sebagai kota tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun manca negara, dengan melibatkan pokdarwis, adalah pengembangan seni, budaya dan destinasi wisata Kota Probolinggo.

Menurutnya, pokdarwis merupakan salah satu kelompok yang memiliki peran penting dan berkontribusi dalam mengembangkan kepariwisataan didaerahnya. Sehingga dapat berperan aktif menggerakkan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif dalam tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di Kota Probolinggo. “Sehingga mampu menciptakan Kota Probolinggo yang mengesankan, sesuai dengan branding, Impressive Probolinggo City,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dispopar Kota Probolinggo Budi Krisyanto menyampaikan, giat pembinaan sekaligus sosialisasi pokdarwis, adalah bagian dari komitmen Pemkot Probolinggo dalam rangka peningkatan kualitas SDM sesuai dengan tema pembangunan dan dalam rangka mempersiapkan pembangunan, pengembangan sektor pariwisata yang merupakan bagian dari proses pemulihan perekonomian di Kota Probolinggo.

“Pokdarwis senantiasa berdampingan dengan lurah, menghadapi tantangan bagaimana kondisi di era pandemi, sekaligus menguatkan tema pembangunan tahun 2021 bisa terbangun sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh masyarakat,” ujarnya.

Sosialisasi itu menggandeng narasumber dari Dispopar Kota Malang dan Forum Komunikasi Pokdarwis Kota Malang. (Yuli)

Komentar

News Feed