Penandatanganan Berita acara Kesepakatan Pilkades Damai Tahun 2022

BERITA246 views

Berita Sidikkasus.co.id

PADANG LAWAS – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang II tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Padang Lawas(Palas) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa(PMD) melaksanakan
penandatanganan berita acara kesepakatan damai pilkades serentak gelombang II di lingkungan pemerintah kabupaten Padang Lawas.kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Al -Marwah Sibuhuan. Kamis (08/12/2022)

Deklarasi pilkades damai ditandai dengan penandatanganan berita acara kesepakatan damai oleh perwakilan Kepala Desa dari 5 Kecamatan secara simbolis disaksikan unsur Forkopimda.
Acara penandatangan kesepakatan berita acara Pilkades damai ini, diikuti sebanyak 259 calon kepala desa (Cakades) yang akan mengikuti pelaksanaan Pilkades serentak tahap II tahun 2022.

Dalam sambutan nya Plt Bupati Palas, drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu,yang di wakili oleh Sekda Arpan Nssution mengatakan, seluruh Cakades dapat menciptakan dan menjaga suasana yang aman, nyaman, damai dan tertib diseluruh desa yang melaksanakan Pilkades serentak.

“Ada beberapa hal yang perlu menjadi harapan di Pilkades serentak tetap menjaga persaudaraan di desa, jangan karena pilkades terjadi cerai berai,” ungkap Sekda.

Sekda juga berpesan, mari kita menyamakan persepsi dan asumsi bahwa pemilihan Kepala Desa (Pilkades) adalah pesta demokrasi pada tingkat desa dengan harapan setiap orang menggunakan hak konstitusinya.

Memanfaat hak demokrasi tanpa ada paksaan dan harus dilaksanakan secara jujur, disiplin dan transparan. Saya percaya bahwa 259 orang calon kepala desa yang hadir ini adalah orang – orang yang sehat cara berpikirnya, sehat nuraninya dan sehat dalam tindakannya,” ujarnya.

Di kesempatan itu juga, Sekda mengingatkan, panitianya juga harus bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya dengan melakukan semua tahapan dengan baik, buatkan berita acara yang ditanda tangani oleh semu calon peserta pilkades untuk menghindari konflik selama tahapan atau proses pilkades berlangsung.
“Panitia tidak boleh ada keberpihakkan di pilkades ini akan di awasi oleh aparat TNI-Polri yang akan dipantau oleh Bapak Kapolres dan Bapak Dandim sehingga jangan ada yang melakukan kecurangan ataupun keributan,” tandasnya.

Kapolres Padang Lawas, AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.MSi melalui Wakapolres, Kompol JW Sijabat SH Saat acara tersebut dengan tegas menyampaikan di hadapan para peserta yang hadir Penandatanganan Beritaacara Kesepakatan pilkades Damai Tahun 2022 Silahkan laporkan jika saudara ada mencurigai adanya kecurangan, jangan langsung melakukan tindakan sendiri yang dapat merugikan diri sendiri dan masyarakat.Karena Pilkades serentak ini sebagai wujud pesta demokrasi yang jurdil dan transparan,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, satu hal yang mendasar yang harus dipahami calon kepala desa bahwa menang atau kalah adalah wajar dalam proses demokrasi.
“Hal ini harus disikapi dengan siapapun yang akan terpilih nantinya tetap harus didukung penuh terutama untuk mensukseskan pembangunan desanya masing masing.

Kompol JW Sijabat, menambahkan, jangan sampai karena pelaksanaan pilkades nanti terjadi tindak kiriminal, serta jangan jadi ajang saling memfitnah,”

Ia juga mengajak, seluruh Cakades peserta acara hari ini supaya bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan damai di desa masing – masing. (HS79)

Komentar