oleh

Pastikan Senjata Berada dalam Kondisi Baik Melalui Pemeriksaan dan Perawatan Rutin

Berita sidikkasus.co.id

BANYUWANGI – Lapas Banyuwangi kembali menggelar kegiatan pemeriksaan dan perawatan rutin inventaris senjata yang dimiliki, Selasa (15/3/2022). Kegiatan dipimpin langsung oleh Kasi Admin Kamtib Ahmad Solihin bersama Kasubsi Keamanan M. Khoirul Anam dan staf.

Kegiatan mencakup pengecekan fungsi dan kelayakan senjata, mulai dari bagian luar body senjata hingga membongkar senjata untuk melakukan pengecekan pada seluruh komponen isi senjata.

Solihin menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan dan perawatan senjata sudah menjadi agenda rutin yang wajib dilaksanakan oleh bagian keamanan dan ketertiban (kamtib) Lapas Banyuwangi.

“Tentunya hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi senjata yang kami millki berada dalam kondisi yang baik dan siap digunakan jika dibutuhkan” ujarnya.

Adapun jenis senjata yang diperiksa, lanjut Solihin, terdiri dari bernadelly, revolver, pistol P3A, shot gun, flash ball dan sten gun.

“Selain itu juga dilakukan pemeriksaan terhadap 2.767 butir amunisi, yang terdiri dari amunisi karet dan amunisi tajam” imbuhnya.

Sementara itu, Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto menilai kegiatan pemeriksaan tersebut sangatlah penting untuk dilakukan guna menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari petugas pemasyarakatan, terutama dalam bidang keamanan, yang mana pada saat keadaan darurat senjata tersebut sangat dibutuhkan.

“Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari memang kami tidak melekat dengan senjata, namun pada saat terjadi keadaan darurat tentu senjata itu kami butuhkan, sehingga memang perlu dilakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin untuk kesiapsiagaan kami dalam menjalankan tugas” beber Wahyu.

Wahyu juga menjelaskan bahwa senjata merupakan inventaris yang tercatat dalam Barang Milik Negara (BMN) yang sudah semestinya dilakukan pemeliharaan dan perawatan sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK No.181/PMK.06/2016 tentang Penatausahaan Barang Milik Negara.

(Humas Lapas Banyuwangi)

Komentar

News Feed