oleh

P3A “TANI MAKMUR” DESA PAKUSAMBEN MENYUKSESKAN PROGRAM KEMENTRIAAN MITRA CAI

Berita Sidikkasus.co.id.

CIREBON – (05/05/2021).
Kelompok P3A “Tani Makmur” Dimana kegiatan infrastruktur yang Sudah Dan tengah di jalankan itu terus berkomitmen di laksanakan secara Optimal dari kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat ini.

P3A “Tani Makmur” sendiri adalah salah satu program infrastruktur berbasis masyarakat dari kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PU-PR). Dalam program ini masyarakat di libatkan melalui pembangunan irigasi kecil dengan melibatkan Langsung perkumpulan petani pemakai air (P3A) Dikomandoi oleh Ketua P3A “Tani Makmur” yaitu Daryono
Sekertaris Didi ,dan bendahara Casmudi.”ungkap Arif solihun selaku Kuwu desa Pakusamben.

Beliau juga mengatakan tujuan adanya pembangunan P3A “Tani Makmur” ini untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat dan guna meningkatkan hasil pertanian yg lebih maksimal lagi yg berada di desanya .

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Data Air Dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS) Satuan Kerja Operasi Dan Pemeliharaan Sumber Data Air Cimanuk- Cisanggarung. melaksankan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) ini di maksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan , rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan prinsip kemandirian serta untuk mengembalikan kondisi serta fungsi saluran irigasi. Seperti halnya di Desa Pakusamben Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon.

Di mana untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut berada di daerah irigasi dan pekerjaannya untuk peningkatan pembangunan saluran irigasi tersier atau irigasi kecil.

Kuwu desa Pakusamben Arif Solihun saat di temui Kamis,(05/05/2021) mengatakan pekerjaannya untuk pembangunan saluran irigasi tersier atau irigasi kecil , dengan Pagu anggaran Rp.195,000,000,- Untuk target volume 570 meter, Tinggi 70cm yang saat ini sedang berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kendala apapun karena adanya pekerjaan tersebut diharapkan dapat mengairi sawah sekitar 40ha yang ada dilokasi tersebut .
Lanjut, tetapi setelah di bangunnya saluran irigasi tersier atau irigasi kecil ini di harapkan air jadi lancar dan kebutuhan air bagi petani bisa terpenuhi terutama Produktivitas Padi, Karena pekerjaan ini benar-benar sangat membantu sekali ke petani .
Hal ini menambahkan masyarakat juga sangat senang serta mengapresiasi kepada pemerintah pusat melalui BBWS yang telah merealisasikan anggaran kepada pemerintah desa yang di salurkan untuk Pertanian sehingga masyarakat merasa terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

Sementara menurut Kepala Desa Pakusamben bahwa semua pekerjaan yang sekarang sedang berjalan,sesuai dengan gambar dan RAB yang ada,dan lagi pula yang melaksanakan pekerjaan tersebut adalah semuanya masyarakat desa setempat sehingga untuk menjaga mutu dan kualitas,pekerjaannya benar benar di perhatikan dan di jaga oleh Komponen desa dan masyarakat petani khususnya.”ungkap Arif Solihun Kuwu Desa Pakusamben.

Disamping itu masyarakat atau penerima manfaat dapat merasakan manfaatnya,karena saluran irigasi tersier ini untuk 40Ha. sangat di butuhkan oleh petani dan petani bisa lebih efektif lagi menggunakan airnya,pihaknya sangat berharap untuk kedepanya bisa mendapatkan Bantuan kembali.”tutup Ketua P3A Mitra Cai Tani Makmur.

(Bayu)

Komentar

News Feed