Obyek Wisata Pantai “Talaga Lipu Tobih Ncanohong Mbuhing” Butuh Perhatian Pemda Harus di Anggarkan

BERITA100 views

Berita Sidikkasus.co.id

TALIABU, – Keindahan alam membentang sapanjang Pantai ini disebut dengan Bahasa Daerah Talaga Lipu Tobih Ncanohong Mbuhing (Danau, Kampung Lama, Mulut Air) yang terletak di Desa Holbota, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara yang memiliki garis pantai Laut Pulau Taliabu.

Diketahui sepanjang garis pantai tersebut, jarak dari ibu kota kabupaten ke tempat berkunjung Masyarakat sekitar 16 km. terhampar di pantai yang sangat indah dengan ciri khasnya sendiri.

 

Pantai dengan hamparan pasir putih yang memanjang dan bentangan alam serta panorama yang begitu indah dan menawan menambah pesona wisata yang tak bisa dilupakan bagi mata yang memandang.

“Di pantai ini perlu ada penataan dan pelestarian mangrove dari pihak pemangku kebijakan, khususnya dinas pariwisata kata sejumlah warga Kecamatan yang berkunjung di areal pantai “Lipu Tobih Ncanohong Mbuhing”.

Sementara itu, Komunitas “Masyarakat Taliabu” yang mengunjungi Pantai Lipu Tobih Ncanohong Mbuhing Desa Holbota Kecamatan Taliabu barat itu, bukan hanya sekedar berkunjung, namun mereka datang untuk melakukan bakti sosial dengan cara membersihkan sampah yang ada di sekitar Pantai, Dengan melihat langsung kondisi Pantai yang sangat indah itu, mereka berpendapat bahwa pantai tersebut bisa dijadikan Wisata bahari.

Karena selain Kampung Holbota yang memiliki warga nelayan, di pantainya pun memiliki (red) hamparan pasir putih yang luas dan mangrove.

Pantai sangat indah ini patut mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu khususnya Dinas, dalam hal ini Dinas Pariwisata, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. “Sebab pantai ini untuk bangun objek wisata membutuhkan anggaran cukup besar nilainya berkisar Rp 1 miliar hingga 2 Miliar.” terangnya Kepala Desa Holbota, Rudin Soamele. pada awak media ini, saat berkunjung di pantai yang sangat indah itu. Minggu (1/01/2023)

Kata Kades Pantai ini. Kedepannya kami akan membentuk kegiatan Bumdes di Tahun Anggaran 2023 ini, karena pantai tersebut merupakan salah satu potensi wisata bahari yang terpendam di “Lipu Tobih Ncanohong Mbuhing” Dengan garis pantainya yang sangat panjang, rasanya ke depan akan menjadi salah satu destinasi wisata nomor satu di Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu.

Ia pun berharap terhadap pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu , lebih memperhatikan tempat wisata- wisata yang ada di daerah sendiri khususnya pantai wisata ini,”pungkasnya.

Diketahui Ribuan Masyarakat Pulau Taliabu merayakan selamat tahun baru 2023, Ucapan selamat tahun baru tentunya mengandung harapan dan doa untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Selain itu, ucapan selamat tahun baru juga bisa dijadikan sebagai pengingat kesalahan yang diharapkan tidak terulang di masa yang akan datang. ( Jek/Redaksi)

Komentar