oleh

Mesjid Besar Nur Aswitiyah Laksanakan Isro, Mi’raj Nabi Muhammad. SAW Dan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Berita Sidikkasus.co.id

CIREBON – Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan sebuah peristiwa perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha dan sampai di langit ketujuh Surga Baitul Makmur untuk menerima perintah menunaikan shalat lima waktu sehari semalam. Peristiwa mulia tersebut dapat diperingati sebagai wujud rasa syukur para umatnya. Peringatan Isra Mi’raj juga dapat dijadikan momentum bagi para institusi/lembaga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi para pegawai maupun masyarakat.Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tahun ini (DKM) Dewan Kemakmuran Mesjid Besar Nur Aswitiyah kembali melaksanakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H sekaligus tarhib Ramadhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Mesjid Aswitiyah’ di jalan.Pangeran Cakrabuana. Kelurahan Kemantren.Kecamatan Sumber. Kabupaten Cirebon. (31/03/2022)

Acara tersebut dihadiri oleh masyarakat, Ketua DKM Mesjid Besar Nur Aswitiyah H. NONO DARSONO S.SI MPD. Didanpinggin
,Bendahara DKM Mesjid Besar Aswitiyah JUPRI HIDAYAT. dan seluruh Masyarakat kemantren. Yang bertindak sebagai penceramah Al Habib Anis Assegaf

dalam ceramahnya Al Habib Anis Assegaf
menyampaikan tentang diperlukannya sikap sosial perilaku yang baik dalam menyongsong bulan Ramadhan. Menurutnya, sikap sosial yang baik perlu diajarkan terutama di lingkungan keluarga, karena saat ini untuk membentuk akhlaq yang baik juga menurutnya terbilang sulit ditengah kecenderungan pergaulan sosial modern kala ini. Diakhir ceramahnya, Al Habib Anis Assegaf mengajak agar saling mengingatkan tentang kebaikan dan jangan pernah berharap bisa merubah keadaan biarlah Allah SWT mencatat semua kebaikan yang sudah diperbuat.

Acara tema tersebut
1. qasidah Plus Maulid
2. Pembukaan
3. Pembacaan Ayat Suci Alquran Ust. saifudi
4. sambutan
Ketua DKM Mesjid Aswitiyah
5. Taushiyahdan Doa
6. penutup

“Dari peringatan Isra’ Miraj Allah memberikan pesan bahwa manusia wajib menunaikan ibadah sholat sebagai pedoman jiwa dan perilaku.
memberikan manfaat ketika hidup atau setelah kita meninggal ?”. Karena pada dasarnya ketika kita memberikan manfaat untuk orang lain dimana manfaat tersebut dirasakan ketika kita masih hidup maka ketika kita meninggal manfaat tersebut sudah tidak dirasakan lagi oleh orang lain. Beda halnya jika manfaat tersebut merupakan manfaat yang akan dirasakan oleh orang lain setelah kita meninggal. Maka manfaat tersebut akan terus dirasakan, mungkin sampai kiamat tiba. Itulah manfaat yang diberikan oleh nabi kita Nabi Muhammad SAW, dimana sampai sekarang masih terasa manfaatnya.

“Selain itu juga H. NONO DARSONO S.SI MPD.
menyampaikan, dalam beberapa hari lagi seluruh umat islam akan mulai melaksanakan ibadah puasa ramadhan 1443 H. 
Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh ketakwaan, ” tutupnya. H. NONO DARSONO S.SI MPD

Selain itu tempat terpisah JUPRI HIDAYAT. yang juga sebagai seksi pembangunan Mesjid besar Nur Aswitiyah dan merangkap sebagai LPM Kelurahan Kematren Beliau mengatakan bahwa peringatan Isra Mi’raj ini sebagai pengingat kita bagaimana Nabi Muhammad SAW menerima amanat untuk melaksanakan shalat 5 waktu. Momentum ini sebaiknya dijadikan pemacu bagi kita selaku umat muslim untuk senantiasa melaksanakan kewajiban shalat lima waktu. Selain itu, beliau mengucapkan terima kasih kepada panitia serta pihak-pihak yang membantu terlaksananya acara ini. Karena kegiatan ini dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Dalam menyambut Bulan Ramadhan yang akan segera tiba, beliau mengatakan untuk meningkatkan kinerja kita, baik dari segi pelayanan maupun segi pengawasan. Kita harus menyambut dengan gembira Bulan Ramadhan yang akan segera tiba. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk menurunkan kinerja ketika Bulan Ramadhan tiba. Beliau tidak lupa mengingatkan untuk memperbanyak ibadah, meningkatkan perhatian kepada sesama, dan menjadikan Bulan Ramadhan sebagai motivasi kita dalam menyeimbangkan antara kewajiban dunia dan akhirat.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim yang telah mempersiapkan dan menyelenggarakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Menyabut Bulan Suci Ramadhan tahun 1443 H, meskipun sudah mau memasuki Bulan suci Ramadhan beharap semoga tasushiyah yang disampaikan oleh penceramah dapat memberikan pencerahan kepada keluarga besar DKM Mesjid Besar Nur Aswitiyah dan jemaa yan hadir bisa menjadikan cahaya dalam hidup di dunia dan di akhirat. Ucap nya.

Reporter: Lubis

Komentar

News Feed