oleh

Meresahkan Masyarakat, Spesialis Curhewan Dibekuk Polisi

Berita Sidikkasus.co.id

LUMAJANG – Polres Lumajang Polda Jatim berhasil membekuk 1 (satu) orang diduga pelaku spesialis Pencurian Hewan (Curhewan) berupa sapi milik warga.

Terduga Pelakunya adalah inisial ‘NS’ (38) asal Desa Kalisemut, Kecamatan Padang berhasil dibekuk petugas saat melakukan aksinya bersama 3 orang rekannya.

Kapolres Lumajang, AKBP. Dewa Putu Eka D, S.IK., M.H., mengungkapkan, kasus pencurian sapi yang cukup meresahkan warga ini terjadi di Desa Babakan, Kecamatan padang pada 4 april lalu.

Penangkapan pelaku ini, kata Dewa, berawal dari kecurigaan warga yang saat itu sedang melaksanakan tugas jaga kemananan lingkungan, melihat sebuah kendaraan jenis Kijang Innova menurunkan 3 penumpangnya ditempat yang sepi.

Dari kecurigaan tersebut, lanjut Dewa, warga berinisiatif untuk menghubungi petugas polsek setempat. Tak selang berapa lama kecurigaan warga terbukti, warga melihat ketiga pelaku tersebut menuntun 2 ekor sapi milik inisial ‘S’ (55) warga Desa Babakan, Kecamatan Padang.

Tak menunggu waktu lama, petugas bersama warga pun bergerak untuk mengejar pelaku. Satu pelaku berinisial ‘NS’ berhasil ditangkap sedangkan 2 lainnya berhasil kabur bersama sopir yang menurunkan mereka.

“Satu pelaku yang berhasil ditangkap adalah warga Desa Kalisemut, Kecamatan padang, sedangkan 2 tersangka lain dan sopir yang kabur masih berasal dari Kabupaten Lumajang, tentu ini akan kita kembangkan karena tidak menutup kemungkinan ada kelompok kelompok lain spesialis pencurian ternak yang selama ini meresahkan masyarakat,” jelas AKBP Dewa Putu Eka D, S.IK., M.H.

Dari hasil pemeriksaan, terang Dewa, pelaku mengaku sudah melakukan 2 (dua) kali aksi pencurian sapi. Tak hanya itu sebelum melakukan aksinya, pelaku bersama teman temannya sempat mengkonsumsi narkotika jenis sabu sabu.

“Hasil pencurian sapi, bisa juga dibelikan sabu lagi, jadi ini akan kita putus dan sudah kami perintahkan anggota untuk ungkap kasus sabu nya, dua tersangka yang lain sudah kita ketahui identitasnya dan akan segera kami tangkap,” tegas Dewa.

Atas tindakan nya, pelaku dijerat dengan kasus tindak pidana pencurian hewan Pasal 363 ayat 1 KUHP dan pasal 2 ayat 2 UU darurat No. 12 Tahun 1951 atas kepemilikan senjata tajam. (Ria/End/Hms)

Reporter: Biro Lumajang

Komentar

News Feed