oleh

Menteri Suharso Berharap Polri Bangun Konsep Smart Security Untuk Mendukung Smart City di IKN

Berita sidikkasus.co.id

Jakarta | Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai alat negara berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat. Selain itu, Polri juga berperan penting dalam pembangunan dan penyelenggaraan IKN.

Demikian disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat memberikan sambutan dalam rapat pimpinan Polri tahun 2022 yang mengusung tema “Polri Presisi Dalam Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural, Serta Mengamankan Agenda Pemerintah Guna Menyukseskan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju”, Rabu (2/3/2022).

“Dalam rangka mendukung konsep Smart City, Polri diharapkan dapat membangun Konsep Smart Security yang berteknologi tinggi sehingga mendukung sasaran safe and secure city,” ujar Meteri.

Lebih lanjut Menteri menyampaikan, konsep smart security yang akan dibangun Polri di Ibu Kota Nusantara dilakukan melalui kegiatan peningkatan pelayanan kepolisian.

Disamping itu, konsep smart security yang diusung di IKN mengutamakan pencegahan kejahatan dengan memperhatikan cost effectiveness dan quality of spending, serta teknologi yang paling modern sehingga dapat dijadikan best practice bagi daerah lain nantinya.

Menteri Suharso juga menjelaskan bahwa Ibu kota Nusantara dibangun dengan konsep Forest City. Yaitu, kota yang menerapkan pendekatan lanskap yang terintegrasi dan didominasi oleh bentang lanskap berstruktur hutan dan ruang terbuka hijau.

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang berdampingan dengan alam dan mendukung pembangunan berkelanjutan, khususnya memaksimalkan penyerapan karbon dan konservasi keanekaragaman hayati, serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Rabu, 2 Maret 2022
*Tim Komunikasi Publik*
Kementerian PPN/Bappenas
Https://linktr.ee/suharsomonoarfa

Follow:
Instagram Menteri PPN: @suharsomonoarfa
Twitter Menteri PPN: @Suharso_M
Fanpage Menteri PPN: Suharso Monoarfa

Komentar

News Feed