oleh

Lestarikan Lingkungan Dandim 0820 Tanam Mangrove

Berita Sidikkasus.co.id

Probolinggo – Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono bersama Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Probolinggo melakukan penanaman mangrove secara serentak di Wilayah Kodam V/Brawijaya Tahun 2022.

Letkol Arh Arip Budi Cahyono menyampaikan bahwa penanaman mangrove saat ini dilaksakanakan serentak diwilayah Jawa Timur yang mempunyai garis pantai. Ini merupakan iktiar bersama dimana kita mempunyai kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya di wilayah pesisir pantai.

” Kegiatan ini berpusat di Bangkalan yang dihadiri oleh Pangdam V/Brw dimana Kita diperintahkan agar setiap wilayah yang ada garis pantai untuk melaksanakan penanaman mangrove sebagai upaya melestarikan lingkungan,” Kata Letkol Arh Arip Budi Cahyono, Jumat (4/3).

Ditambahkan, Dalam kegiatan ini Kodim 0820/Probolinggo juga bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat termasuk di dalamnya ada paguyupan nelayan Probolinggo Raya. Ada sekitar 3000 bibit mangrove yang akan kita tanam secara berkelanjutan. Kita akan cari pantai yang masih bisa untuk kita tanami bibit mangrove.

” Kegiatan ini selaras dengan arahan Presiden dimana kita dihimbau untuk melestarikan lingkungan khususnya di wilayah yang mempunyai garis pantai dengan melakukan penanaman mangrove,”ujarnya.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan bahwa mangrove ini banyak manfaatnya antara lain untuk menjamin kelangsungan ekosistem, kemudian mangrove juga memiliki nilai ekonomis maupun untuk mencegah terjadinya abrasi yang terjadi di wilayah pantai.

Terimakasih pada kelompok paguyupan nelayan yang telah menyiapkan kegiatan penanaman magrove kali ini. Sebagai aparat tentunya kita akan mendukung dan melalui kegiatan ini mari kita bersama sama untuk tidak hanya menanam tapi juga menjaga dan merawat keberadaan mangrove. ” Menanam itu mudah, justru yang berat adalah merawat pasca mangrove ini kita tanam,”ungkapnya.

Untuk diketahui dalam giat tersebut diawali dengan apel gabungan antara TNI/Polri beserta relawan sekaligus vidcon bersama pangdam V /Brawijaya terkait penanaman magrove serentak di wilayah Jatim.

Pewarta;Yul

Komentar

News Feed