oleh

Koramil 0820/26 Tegalsiwalan Resmikan Kampung Pancasila Didesa Sumberbulu

Berita Sidikkasus.co.id

PROBOLINGGO,- Danramil 0820/26 Tegalsiwalan,Kapten Kav.Djauhari, melalui anggotanya Serda Hermanto meresmikan Kampung Pancasila yang terletak di Desa Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo pada Sabtu (19/03/2022).

Anggota Koramil 0820/26 Tegalsiwalan Serda Hermanto, menjelaskan bahwa Kampung Pancasila merupakan program KASAD dan sesuai perintahnya yang harus disukseskan bersama.

Menurutnya, Pancasila merupakan bagian pertahanan dari bangsa Indonesia.Terlebih lagi Pancasila merupakan ruh dan jiwa yang harus terus digaungkan di seluruh pelosok negeri.

“Melalui dibentuknya Kampung Pancasila ini,kita semua mampu mengamalkan norma norma yang terkandung di dalamnya.Sehingga Kita bisa mampu menjaga kedaulatan NKRI.”jelas Serda Hermanto

Lebih lanjut, Serda Hermanto berharap kepada semua lapisan masyarakat,pemuda/i yang nantinya menjadi penerus kedaulatan dan keutuhan NKRI, dengan adanya kampung Pancasila ini,dapat mampu memahami dan menghayati serta mampu mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam dalam butir butir Pancasila itu sendiri

“Pancasila yang merupakan simbol Kedaulatan Negara Republik Indonesia (NKRI),sehingga nantinya kita sebagai masyarakat, mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dinegara yang terdiri dari berbagai suku,adat istiadat serta latar belakang yang berbeda.Sehingga kita mampu menjaga keyakinan,kerukunan, serta berkeadilan sosial dibawah bendera negara republik Indonesia tercinta ini”. pungkasnya

Dalam kesempatan tersebut,pemerintah Kecamatan Tegalsiwalan,melalui staffnya,Hasan yang ikut hadir dalam pencanangan kampung pancasila memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan inisiatif pencanangan desa Sumberbulu sebagai desa/ kampung Pancasila.

Menurutnya,Kita semua penuh perbedaan, karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan akan tetapi dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun. karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan bhineka tunggal ika.

“Desa Sumberbulu merupakan desa yang majemuk,dimana warganya terdiri dari berbagai kalangan dan keyakinan yang berbeda.Maka dengan didaulatnya desa ini sebagai desa/ kampung Pancasila sangatlah pantas.Selain itu,Desa Sumberbulu sendiri letaknya sangat strategis,dan sering dijadikan jalur alternatif oleh warga luar wilayah.”jelasnya

Perlu diketahui,acara pencanangan kampung/desa Pancasila di Desa Sumberbulu sendiri diawali dengan apel bersama serta pemberian pemahaman terkait isi dari nilai nilai Pancasila Serta dilanjutkan dengan pengukuhan Balai kampung Pancasila,Lumbung kampung Pancasila,Posko kampung Pancasila, Poskamling Kampung Pancasila.

Dalam kegiatan yang melibatkan pihak Koramil 0820/26 Tegalsiwalan, pemerintah Desa Sumberbulu, Pemerintah Kecamatan Tegalsiwalan,pihak tenaga kesehatan Tegalsiwalan (Puskesmas) ,Tokoh agama,serta para mahasiswa/i KKN universitas Zainul Hasan Genggong tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,dan diakhiri dengan acara gladih bersih bersama diwilayahnya.

Reporter: Yul

Komentar

News Feed