Ketua PWI Sintang Triyanto Beberkan Manfaat Pengelolaan Medsos Bagi OPD Sintang

Berita sidikkasus.co.id

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sintang Triyanto menyampaikan banyak manfaat jika OPD di Lingkungan Pemkab Sintang bisa mengelola dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.
Hal tersebut disampaikan oleh Triyanto Ketua PWI Sintang saat menjadi narasumber pada Kegiatan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik di OPD dengan tema “Mengelola Media Sosial yang Baik untuk OPD”, di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Rabu, 4 Desember 2024.
Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang dan hadir sebagai peserta pada kegiatan tersebut adalah admin akun media sosial yang ada di Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.
Triyanto menyampaikan materi tentang membangun citra positif melalui media sosial yang ramah dan profesional.
“media sosial harus di kelola oleh OPD di lingkungan Pemkab Sintang karena jangkauannya luas, efektif dan efisien, meningkatkan transparansi, membangun citra positif OPD, dan bisa berinteraksi dengan masyarakat” terang Triyanto
“mengelola medsos ini ada tantanganya juga seperti minimnya konten yang berkualitas, tidak responsif, komentar negatif yang tidak tertangani, dan tidak konsisten dalam memposting. Media sosial yang baik itu harus komunikatif, responsif, kredibel, kreatif, dan konsisten” terang Triyanto
“tips menghadapi komentar negatif di medsos yakni jangan diabaikan, dijadikan evaluasi, berikan solusi, dan digunakan untuk perbaikan. Konten yang disukai masyarakat itu yang mengedukasi, memberikan informasi, menghibur dan menginspirasi. Format konten yang efektif bisa dalam bentuk foto, video pendek, dan cerita visual” terang Triyanto
“postingan harus menghindari postingan yang berbau konflik atau polemik, pemakaian istilah yang bisa disalahpahami, dan postingan yang tidak relevan dengan misi OPD. Kunci sukses media sosial adalah komunikasi harus ramah, relevan, dan responsif. Konten yang baik adalah konten yang mengedukasi, menginspirasi, dan melibatkan. Jangan hanya “mengisi media sosial” tetapi membangun hubungan dengan masyarakat” pesan Triyanto

 

Pewarta kepala perwakilan media sidikkasus.co.id.kalbar.A,Rezaly,s

Komentar