oleh

Ketua Panitia Pilkades Bondowoso: Cakades Dibawah Lima Orang Tak Jamin Lolos Tes Tulis

Berita.Sidikkasus.co.id

Bondowoso – Ketua panitia Pilkades Kabupaten Bondowoso menyebut, jumlah bakal calon kades lima orang ke bawah, di satu Desa tidak dijamin lolos tes tulis. Hal itu disampaikan Mahfud disaat mengawasi tes tulis bacakades di GOR Pelita Bondowoso, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, Peserta Cakades diwajibkan mengikuti semua tahapan, salah satunya tes tulis. “Meski calonnya berjumlah lima orang ke bawah di satu Desa,  jika tidak mengikuti proses tahapan bisa gugur, “kata Mahfud.

Mahfud mantan Camat tersebut menegaskan, regulasi yang mengatur bagi bakal calon kades dalam tahapan tes tulis harus diikuti. “Hadir di tes tulis, tapi tak ngisi absen, tak ngisi lembar soal, siapa yang menjamin lolos, “ujarnya.

Mahfud juga menampik bahwa pelaksanaan tes tulis Cakades yang berjumlah lima ke bawah di satu desa hanya formalitas. “Itu sebenarnya bukan formalitas, regulasinya memang mengatur harus ada tes tulis, “tegasnya.

Saat ini para bakal calon kepala desa sudah mulai memasuki test tulis yang diselenggarakan oleh pemkab bondowoso melalui panitia Pilkades Kabupaten. Tes tulis Cakades tersebut terbwnruk 2 seson, Seson 1 mulai jam 08:00 wib, Seson 2 mulai jam 12:30, dan  ada 3 tempat, yakni Sabha bina l, Sabha bina 2, Gor Pelita, dan SKB Bondowoso.

Sebanyak 171 Desa di Bondowoso akan menggelar Pilkades serentak pada 15 November 2021 bulan depan. (yus)

Komentar

News Feed