Kesiapan Pam Natal dan Tahun Baru, Kabid Humas Polda Sumbar: 65 Pos Disiapkan

BERITA37 views

Berita Sidikkasus.co.id

SUMBAR – Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik menyebut, bahwa Polda Sumbar telah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022 yang merupakan rangkaian kesiapan dari operasi tersebut.

Ia menyebut, sebelumnya Polda Sumbar juga telah melakukan rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dan Latpraops untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Akan dimulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 2 Januari 2023,” katanya dihadapan awak media, Kamis (22/12/2022) di Mapolda Sumbar.

Dalam pelaksanaan operasi Lilin Singgalang tahun ini, Polda Sumbar melibatkan 2.913 personel untuk kegiatan pengamanan yang terdiri dari anggota Polda sebanyak 340 personel dan 2.573 personel dari Polres sejajaran.

Selain dari personel Polri, pihaknya juga melibatkan instansi terkait lainnya dari TNI, Dishub, Linmas, Dinkes, Basarnas, PLN, Angkasa Pura, Pramuka, PKS, Orari, Organda dan lain sebagainya dengan jumlah petugas sebanyak 2.394 orang.

Dikatakan, terdapat 65 Pos yang disiapkan. Terdiri dari Pos Pam sebanyak 39 Pos yang ditempatkan di lokasi keramaian. 25 Pos Pelayanan yang ditempatkan ditempat obyek wisata dan 1 Pos Terpadu yang ditempatkan di Kota Bukittinggi seputaran wilayah jam gadang.

“Maksud dan tujuan adalah mendekatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat, karena kegiatan masyarakat bertambah sehingga polisi membuat Pos Pam, Pos Yan dan Pos Terpadu ini,” ucap Kombes Pol Dwi Sulistyawan.

Disamping itu, ada juga instansi terkait lainnya yang membuat pos tersendiri seperti dari PU dan Dinas Marga yang membangun seperti pos di Sitinjau lauik untuk mengantisipasi seperti musibah tanah longsor.

Kemudian, yang perlu diantisipasi dalam operasi ini adalah kegiatan masyarakat yaitu pengamanan ibadah bagi umat nasrani saat Natal dan juga wisatawan termasuk perayaan malam tahun baru.

Pihaknya juga mengoptimalkan kegiatan patroli di tempat keramaian lainnya yang tidak terbackup, seperti tempat perbelanjaan, dan menyambangi di pemukiman penduduk yang banyak ditinggalkan oleh penghuninya dalam rangka liburan.

“Kami berharap peran serta masyarakat dalam menjaga situasi yang aman saat Natal dan Tahun Baru,” pungkasnya.(Syafrianto)

Komentar