oleh

Jembatan Nangapinoh Dalam Perawatan Pergantian Bearing Pad, Bantalan Karet Elastomer

 

Berita SidikKasus.co.id

Melawi-Kalimantan Barat. Jembatan Nangapinoh kabupaten melawi sudah cukup lama di bangun pada era kepemimpinan presiden Republik Indonesia yang ke 2 (dua), dan menjadi akses jalur kendaraan penghubung antara kota kabupaten, kecamatan sampai saat sekarang demi menunjang perputaran perekonomian masyarakat. Sabtu (23/10/2021).

“Dalam pantauan awak media SidikKasus.co.id terlihat belasan pekerja di bawah jembatan pinoh sedang melakukan pergantian bearing pad/elastomer yang berpungsi untuk penghubung dan penerus gaya antara bangunan atas jembatan dengan bangunan bawah jembatan.

“Saat menemui pengawas teknis koordinator (Korlap) pekerjaan di lapangan Sulistyio menyampaikan seiring dengan umur dan massa layan jembatan, bantalan karet (elastomer) mengalami kerusakan akibat degradasi kualitas material maupun perubahan bentuk(deformasi) Penyebabnya faktor usia, cuaca, lingkungan, dan beban lalulintas kendaraan yang melewati jembatan tersebut, maka akan menggantikan 16 titik bantalan elastomer secara bertahap sesuai teknis kerja situasi dan kondisi di lapangan.

“Sulistyio menuturkan tahapan pekerjaan dari awal sampai akhir pemasangan Bantalan Karet atau Elastomer untuk jembatan.

Pengadaan Elastomer, bantalan karet atau elastomer harus dalam keadaan baik dan telah teruji serta sesuai dengan spesifikasi SNI, selain itu dimensi atau ukuran elastomer telah sesuai dengan gambar rencana.

Persiapan peralatan yang harus disiapkan adalah dial gauge, jack hidrolik, hose, manifold, Genset untuk penerangan dan peralatan lain yang dibutuhkan, Pengukuran / leveling tumpuan pada abutment,Jack hidrolik empat buah kapasitas 200 ton ditempatkan pada posisi yang telah ditentukan dan lakukan pengangkatan kiri dan kanan naik jembatan bersamaan sampai ukuran untuk elastomer yang sudah rusak bisa di angkat kemudian pasang yang baru,jack hidrolik di turunkan bersamaan sehingga terpasang dengan pas pada dudukanya agar elastomer melekat sempurna pada pelat.


“Itulah proses tahapan teknis kerja sesuai kondisi situasi dan lingkungan, semoga pekerjaan ini tidak ada hambatan dan cepat selesai mengantikan elastomer sehingga jembatan nangapinoh terpelhara dengan baik untuk lalulintas kendaraan yang lewat tutup Sulistyio”.(Sofyan).

Komentar

News Feed