Jelang Pergantian Tahun Baru 2023, Arus Lalu Lintas di Agam Meningkat

BERITA37 views

Berita Sidikkasus.co.id

Agam Sumbar – Menjelang pergantian tahun baru 2023, arus lalu lintas kendaraan yang melintas di Wilayah Kabupaten Agam Sumatera Barat mulai meningkat dan puncak peningkatan arus lalu lintas ini diprediksi terjadi pada Sabtu (31/12/2022) dan Minggu (1/1/2023).

Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Agam, Handria Asmi, SSTP, MSc , Jumat (30/12/2022).

Berdasarkan pantauan timnya di lapangan, volume kendaraan di jalur Pekanbaru ke Bukittinggi meningkat, Jalur Padang-Bukittinggi juga sudah terpantau mengalami peningkatan volume kendaraan.

Meski volume meningkat katanya, namun belum terjadi kepadatan arus dan masih tergolong landai, volume lalu lintas yang melintasi di wilayah Agam terpantau mulai meningkat sejak dua hingga tiga hari lalu,” ujarnya.

Pantauan pihaknya, volume lalu lintas ini diisi kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak hanya berplat nomor Kabupaten Agam, tapi juga ada yang berasal dari luar kabupaten dan provinsi.

“Agam menjadi daerah perlintasan, tidak hanya menghubungi antar kabupaten dan kota tapi juga jalur perlintasan provinsi,” katanya.

Menurutnya, meningkatkan arus lalu lintas di jalur wilayah Agam sekaitan musim libur natal dan tahun baru.

Untuk pemantauan arus imbuh Handria, pihaknya mensiagakan personel di 11 pos pengamanan Nataru, baik yang ada di perbatasan maupun tempat keramaian.

Pihaknya memprediksi akan terjadi sedikit kemacetan di sejumlah lokasi seperti pusat keramaian dan jalur destinasi wisata.

Untuk mengurai kemacetan tersebut, khususnya di Padang Lua pihaknya besama Balai Transportasi Darat (BTD) Wilayah III Sumatera Barat telah mengaktifkan kembali traffic light di Simpang Padang Lua.

Handria menambahkan, dengan meningkatnya arus lalu lintas itu pihaknya mengimbau pengguna jalan untuk senantiasa waspada saat berkendara di jalan raya.

“Kami juga mengimbau para pengguna jalan untuk tertib rambu lalu lintas, kedepankan keselamatan daripada kecepatan,” ujarnya.( Syafrianto )

Komentar