oleh

Habib Hadi Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Polres Probolinggo Kota

Berita Sidikkasus.co.id

PROBOLINGGO – Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menghadiri launching inovasi pelayanan publik Polres Probolinggo Kota, “Prabu Presisi Mangga Manis”, Rabu (23/3) siang di Gedung Putih Polresta. Inovasi ini merupakan program tindak lanjut modern police 4.0 sesuai dengan program presisi Kapolri yang ke- 4 dan peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai program presisi Kapolri ke- 11.

Aplikasi Prabu Presisi Mangga Manis (Masyarakat Wilayah Hukum Polres Probolinggo Kota Aman, Terjaga, Nyaman dan Humanis) dapat diakses dan didownload melalui smart phone android oleh seluruh masyarakat yang memerlukan kehadiran, pertolongan, perlindungan dan pelayanan dari petugas kepolisian terkait situasi kamtibmas.

Wali Kota Habib Hadi berkesempatan melakukan aksi simulasi menggunakan gadgetnya mencoba memakai aplikasi ini langsung dan terbukti berhasil. Pemakaian secara teknis dijelaskan, download di playstore, masukkan nama dan NIK, foto selfie dengan KTP kemudian login. Selanjutnya, tekan tombol panic botton, secara otomatis panggilan dan lokasi tersebut muncul kepada tim Pamor Keris (Patroli Bermotor Keamanan Presisi Semeru) Polresta.

Tim Pamor Keris segera menindaklanjuti dengan mendatangi lokasi atau titik yang telah terhubung di Command Center Polresta. Pamor Keris berkoordinasi dengan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan piket fungsi untuk lakukan proses lebih lanjut. Ya, foto selfie KTP sangat diperlukan, maksudnya agar Command Center Polresta memverifikasi terkait pendaftar sesuai kartu identitas, guna antisipasi laporan palsu dan dipastikan database pendaftar akan terlindungi dan aman.

“Dengan kehadiran ini (Prabu Presisi Mangga Manis), mudah-mudahan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Kota Probolinggo. Insyaallah wilayah hukum pemerintahan Kota Probolinggo akan berjalan dengan aman,” ujar Habib hadi.

Kapolresta AKBP Wadi Sa’bani berharap launching program presisi Kapolri ini dapat berjalan secara masif penyebaran informasinya kepada masyarakat. “Sehingga apa yang dilaksanakan, apa yang dilakukan, kinerja yang dilakukan, betul-betul masyarakat tahu, masyarakat mengerti, masyarakat memahami dan tentunya mudah-mudahan feed backnya pada institusi kepolisian, yaitu trust building. Yakni, kepercayaan masyarakat kepada institusi kepolisian,” harapnya.

Ditemui usai acara, Waka Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengapresiasi inisiasi Polres Probolinggo Kota terkait tugas-tugas kepolisian yang membantu Pemerintahan Kota Probolinggo dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Sejalan dengan Kapolresta AKBP Wadi Sa’bani, ia pun menuturkan program ini bisa dilaksanakan secara kolaborasi. “Dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif itu tidak hanya kepolisian yang menjalankan. Tentunya stakeholder dan instansi terkait turut serta bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” terangnya.

Tak hanya Prabu Presisi Mangga Manis, Polres Probolinggo Kota juga melaunching delapan inovasi lainnya. Diantaranya Rumah RJ Bhabin (Rumah Restorative Justice Bhabinkamtibmas dan Babinsa), Diagram (Dialog Bersama Mahasiswa), Piramida (Ngopi Bersama Media), Sapa Saya (Satu Polisi Satu Anak Yatim), Semangat (Semua Untuk Anggota), Berita (Badan Penyelesaian Permasalahan Anggota), SIMATA HATI (Sistem Manajemen Tahanan dan Barang Bukti) dan Jum’at Berkah.

Pewarta:Yul

Komentar

News Feed