oleh

Gawat! Pemkab Jember Gagalkan Rencana Peledakan Gunung Sadeng oleh PT Imasco

Ket foto: Gunung Sadeng Puger Jember

Berita sidikkasus.co.id

JEMBER, – Tim Verifikasi Pemerintah kabupaten Jember melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi gunung Sadeng PT Semen Imasco Asiatic bersama Koramil Puger (6/4/2022). Pasalnya, pihak Imasco ada rencana melakukan peledakan namun pada akhirnya ditunda setelah adanya pertemuan tertutup dengan Pemkab, Jember, (06/04/2022).

Sekdakab Jember, Ir Mirfano dalam keterangan pers terkejut mendengar laporan tim verifikasi Pemkab Jember tersebut.

“Didapatkan fakta bahwa (lahan) yang akan diledakkan adalah lahan ex HPL Dwijoyo Utomo. Padahal CV Dwijoyo Utomo ini sudah kita cabut HPL-nya,” ungkap Pak Mir sapaan Sekdakab Jember.

Pihak Pemkab masih menelusuri ada hubungan apa antara PT Semen Imasco Asiatic dengan CV Dwijoyo Utomo.

Setelah sidak, diadakan pertemuan (tertutup) antara Pemkab, termasuk Koramil, dengan menejemen Imasco.

“Tapi kemudian disepakati, pihak Imasco akan menunda aktivitas peledakannya,” pungkas Mirfano

Sebelumnya, seperti diketahui ada rencana peledakan oleh PT Imasco Pasific Asiatic. Hal itu diketahui dengan adanya surat pemberitahuan kepada Muspika Puger.

Merespon kabar tersebut, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Jember lalu mengeluarkan surat No.500/421/35.09.1.21/2022 tanggal 5 April 2022 yang ditujukan kepada PT Imasco agar menghentikan aktivitas peledakan.
Alasannya karena PT Imasco masih punya kewajiban kepada Pemkab Jember.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Pemkab Jember saat ini sedang menertibkan penambang di Gunung Sadeng Kecamatan Puger. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

(Herman)

Komentar

News Feed