DPC GPM Mendukung Gerak Cepak TNI Halsel Dalam Menjaga Kepulauan Widi di Gane Luar

BERITA113 views

Berita Sidikkasus.co.id

LABUHA, – Gerakan Pemuda Marhaenisme ( GPM) Halmahera Selatan Mendukung Gerakan Cepat Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Halmahera Selatan Dalam Menjaga Kepulauan Widi.

Kepulauan Widi adalah pulau tidak berpenghuni yang terletak di Laut Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Kepulauan ini terletak di sebelah tenggara Pulau Halmahera Selatan.

Kepulauan Widi Memiliki gugusan pulau kecil yang terletak di Maluku Utara.

Kepulauan Widi Juga merupakan destinasi wisata dengan keindahan hamparan pasir putih.

“Mengutip website resmi Pemkab Halmahera Selatan, Kepulauan Widi menyimpan sejuta pesona untuk wisatawan. Kepulauan Widi berada di Desa Gane Luar. Kecamatan Gane Timur Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku utara,” ujar Harmain Rusli, pada salah satu awak Media. Jumat,9/12/2022. lanjut GPM

Pulau-pulau di kepulauan Widi memiliki keunikan tersendiri, hamparan pasir putih yang luas, laut jernih bagaikan kristal, terumbu karang dan kaya dengan berbagai jenis ikan, akan membuat wisatawan takjub.

Kepulauan Widi bisa dikatakan sebagai kepulauan terindah di Provinsi Maluku Utara sehingga tidak heran tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Di Kepulauan Widi terdapat 99 pulau, 3 atol dan mempunyai dua gugusan pulau yang dikenal oleh masyarakat nelayan, yakni Pulau Daga Gane (berhadapan dengan Kecamatan Gane) dan Daga Weda ( berhadapan dengan Kecamatan Weda).

Pulau ini menjadi surga bagi para nelayan sebagai sumber mata pencaharian mereka, karena mempunyai potensi perikanan yang besar. “Kepulauan Widi memiliki banyak spot wisata bawah laut dan menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling,” jelasnya

Tambanya, Karena Berdasarkan Historis Sejarah dan literatur tentang kepulauan ini (Widi), bahwa secara geografis kepulauan Widi adalah Milik Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jadi, jika ada pihak-pihak lain yang diduga untuk menjual, Melelang dan atau menggadaikan Kepada Pihak lain maka kami mendesak pihak pemerintah agar segera dan cepat ambil langkah terkait isu pelelangan Pulau Indah, Cantik dan Pesona itu (Kepulauan Widi).

Perlu diketahui bahwa Kepulauan Widi Masuk dalam kategori Kawasan Konservasi hal tersebut berdasarkan: Keputusan Menteri Kelautan dan Perikana, Nomor 102/Kepmen/KP/2020.

Oleh Karena itu, Kami Secara Institusional Gerakan Pemuda Marhaenisme Halmahera Selatan, mendukung sepenuhnya dan mengucapkan Terima Kasih atas Ketegasan Pihak TNI di Kabupaten Halmahera Selatan yang telah bergerak cepat dalam pengamanan dan atau melindungi Kepulauan Widi, dan mengecam kepada pihak-pihak yang diduga telah beranj Melelang Kepulauan Widi.” tegasnya ( Jek/Redaksi)

Save Pulau Widi.

Komentar