oleh

Diduga Puluhan Ponton Selam Jarah IUP PT Timah Tbk di Laut Suka Damai

Berita sidik kasus.co.id

Toboali – Sedikitnya puluhan unit ponton tambang ilegal jenis selam terlihat beraktivitas pada malam hari di perairan laut suka damai, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,

Hal tersebut tampak jelas terlihat dari video berdurasi 28 Detik yang diterima redaksi dari masyarakat pesisir laut Suka damai, Toboali pada Selasa (1/3/22) malam.

Sebut saja MR. M salah satu masyarakat pesisir laut Suka damai, yang menjelaskan ke redaksi bahwa aktivitas tambang ilegal tersebut berjumlah puluhan ponton jenis selam.

“Benar pak itu ada aktivitas penambangan ilegal berupa TI selam yang berjumlah kurang lebih puluhan unit dan beraktivitas pada malam hari pak sedangkan di pagi hari ponton tersebut tidak beraktivitas,” sebut Mr. M kepada sidikkasus.co.id yang sengaja meminta kepada redaksi agar nama diinisialkan.

Ia juga mengatakan dalam aktivitas tersebut jelas sangat merugikan negara dan merusak lingkungan terutama biota laut yang habis pasca tambang.

“Siapa yang akan bertanggung jawab atas reklamasi tersebut, Belum lagi siapa yang membayar pajak pemindahan tanah pengangkatan mineral yang terkandung dalam bumi serta kompensasi yang tak jelas siapa penerimanya dan terkesan tertutup serta pembiaran dan penjarahan,” ujarnya.

Lanjut, Mr. M menyampaikan permohonan kepada Kapolda Kepulauan Bangka Belitung untuk mengambil tindakan tegas atas aktivitas yang diduga ilegal alias tanpa izin tersebut.

“Pak Kapolda dan Pak Dir Polairud Babel tolong ditindak tegas para penambang di laut kami beserta oknum APH dibelakang para penambang dan siapa penadah tambang laut ilegal berjenis Ti rajuk selam,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan dalam aktivitas penambangan tersebut, dikatakannya berada didalam IUP PT Timah Tbk dan menyayangkan perusahaan PT Timah Tbk tidak mengambil tindakan apapun serta terkesan melakukan pembiaran terhadap IUP yang dijarah oleh penambang ilegal.

Dan sampai berita ini diturunkan tim redaksi belum mendapatkan jawaban terkait aktivitas tersebut dan terkesan sulit untuk dihubungi walaupun sudah beberapa kali mencoba untuk mengkonfirmasi APH sekitar Perairan laut Bangka Selatan terkait adanya aktivitas tambang laut di pesisir suka damai, Toboali yang diduga ilegal.

Apakah? Satpolair Polres Bangka Selatan atau Pengawasan pihak PT. TIMAH Tbk yang memiliki hak atas IUP mengetahui aktivitas tambang tersebut ataukah ada permainan lainnya dengan para penambang, Padahal diketahui pengawasan dari Divisi Pengamanan PT Timah Tbk dengan BKO dari APH selama ini terlihat memantau kegiatan penambangan ilegal di dalam IUP PT Timah dengan Tim Obvitnas Timah.

Pewarta:team

Komentar

News Feed