oleh

Begini Peringatan Tahun Emas Gerakan PKK di Kota Probolinggo

Berita Sidikkasus.co.id

Probolingg – Puncak peringatan resepsi Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 tahun 2022 Kota Probolinggo digelar di Puri Manggala Bakti, Kamis (17/3). Di usia emas ini menjadi sangat istimewa sebagai peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia. Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi menginginkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga.

Dengan mengusung tema “50 tahun gerakan PKK berbakti untuk bangsa, berbakti untuk sesama”, menjadi tekad bersama mendedikasikan pengabdian dan kiprah gerakan PKK dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat, yang berarti juga bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

“Dalam peringatan HKG PKK ke-50 ini, kami menyelenggarakan sejumlah kegiatan sosial. Usai dari sini kami akan memberikan tali asih kepada 2 bayi dari keluarga kurang mampu yang lahir tepat pada tanggal 4 Maret 2022. 2 bayi tersebut beralamat di Kelurahan Kanigaran dan Kelurahan Kedung Asem. Selain itu, kami juga mengadakan deteksi dini kanker serviks bagi kader PKK dan masyarakat umum. Kegiatan ini bentuk kepedulian tim penggerak PKK tentang kondisi kesehatan dan kepekaan kita terhadap sesame,” beber Aminah.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang hadir dalam kegiatan ini, memberikan ucapan selamat kepada TP PKK Kota Probolinggo. Menurutnya, gerakan PKK berpotensi memberdayakan masyarakat khususnya bagi kaum perempuan.

Habib Hadi menginginkan PKK dapat melaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan menciptakan iklim yang memungkinkan setiap potensi masyarakat dapat tumbuh dan berkembang. Yakni dengan memperkuat potensi dari masing-masing wilayah, baik di kecamatan dan lingkungan RT RW agar menciptakan budaya partisipatif masyarakat yang bertujuan peningkatan kesejahteraan sehingga membentuk masyarakat yang berdaya dan mandiri serta memiliki kesadaran untuk membangun daerahnya sendiri.

“Saya berharap kita harus terus melakukan inovasi dan terobosan. PKK harus bisa hadir dengan organisasi wanita di Kota Probolinggo bersama-sama berkolaborasi saling bahu membahu memberikan hal yang bermanfaat bagi warga di sekitarnya,” urai wali kota.

Dihadapan sejumlah pengurus TP PKK Kota Probolinggo, Wali Kota Habib Hadi berpesan agar organisasi wanita berperan aktif dalam memberikan sudut pandang, cara dan kegiatan-kegiatan yang positif yang bisa membentuk ketenangan dan kedamaian di lingkungan masing-masing.

“Apapun yang kita lakukan, tentunya masyarakat tidak melihatnya. Yang dilihat adalah yang belum dilakukan atau yang kurang, sehingga ini menjadi tantangan. Jangan kecil hati, jangan murung, jangan kecewa, tentunya kita harus berusaha bahwa yang dilakukan untuk kebaikan semuanya. Kita harus melangkah bersama untuk memberikan suatu contoh dan tingkah laku yang terbaik,”pesannya.

Di dalam perubahan situasi dan teknologi saat ini, Habib Hadi berharap organisasi wanita dapat mewarnai dan memberikan sesuatu yang manfaat sehingga menjadi pembelajaran bagi masyarakat.

Sebagai puncak acara ditandai dengan tasyakuran pemotongan tumpeng oleh Ketua TP PKK Kota Probolinggo kepada Pemerintah Kota Probolinggo, yang diterima oleh Sekda drg. Ninik Ira Wibawati. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kadinsos P3A Rey Suwigtyo, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0820, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Probolinggo dan sejumlah undangan terkait lainnya.

Sambang Bayi Hingga Deteksi Dini Kanker Serviks

Usai resepsi, Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi bersama sejumlah pengurus PKK beranjak mengunjungi dua bayi dari keluarga tidak mampu yang lahir tepat di Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK di tanggal 4 Maret 2022.
Pertama ke rumah Ibu Suhana, warga RT 3 RW 11 Kelurahan Kedung Asem guna memberikan tali asih karena bayi berjenis kelamin laki-laki bernama Muhammad Alvino yang lahir tepat di Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50. Tanpa segan Aminah langsung menggendong bayi tersebut. “Kami sambang kemari dalam rangka HKG PKK ke-50. Mudah-mudahan ibu dan bayinya sehat dan jangan lupa agar terus memberikan asi eksklusif,” ujarnya.

Selanjutnya Aminah beserta rombongan beranjak menuju Puskesmas Kanigaran guna memantau pelaksanaan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) bagi kader PKK dan masyarakat umum. “Alhamdulillah ini kesempatan bagi saya bisa mengetahui kesehatan khususnya kondisi rahim yang sangat sensitif ini. Hasilnya bisa diketahui sekitar 5-10 menit, alhamdulillah normal semua,” ujar salah satu warga yang telah 2 kali mengikuti deteksi dini tersebut.

Pelaksanaan kegiatan deteksi dini kanker serviks menjadi momen yang sesuai dengan peringatan HKG PKK ke-50. “Program kesehatan yang dilakukan saat ini adalah pelayanan IVA yaitu pemeriksaan untuk deteksi dini kanker leher rahim (serviks). Supaya masyarakat dapat mengetahui sejak dini serta pencegahannya. Alhamdulillah masyarakat dan kader yang mengikuti hasilnya normal, negatif dari penyakit ini. Saya harap semuanya tetap sehat,” pesan Aminah.

Di lokasi terakhir, Ketua TP PKK Kota Aminah Hadi juga memberikan tali asih kepada Ibu Adinda warga RT 4 RW 2 Kelurahan Kanigaran. “Terima kasih, saya senang dan tidak menyangka bu wali datang kesini,” ujar Adinda.

Pewarta:Yul

Komentar

News Feed