oleh

Babinsa Posramil 01 Dampingi Kepala Desa Dirikan Pos Siaga Cegah Covid-19

 

Berita Sidikkasus.co.id

NANGA PINOH-KABUPATEN MELAWI.
Pos penjagaan desa untuk mencegah masuknya penyakit COVID-19 harus dipantau 24 jam, demikian disampaikan Kepala Kepala Desa Labai Mandiri Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Budiono di dampingi Babinsa Posramil /01 Nanga Pinoh (Sertu Sutiyono) beserta Babin Kantibmas (Bribka Dady Setiyadi SH)kepada awak media minggu 9 mei 2021.

Sertu Sutiono menghimbau jangan sampai ada orang potensi terdampak corona tiba-tiba masuk,” tanpa terditeksi gejala reaktif kita upayakan pencegahan yang lebih utama ketimbang mengobati ucapnya.

Membuat pos jaga desa adalah salah satu langkah yang harus dilakukan oleh Desa Tanggap COVID-19 dengan mengawasi dan mendata mobilitas warga, terlebih saat ini masyarakat mulai mudik ke kampung halaman.

Hadir Babin Kantibmas (Bribka Dady Setiyadi SH) beliau juga menyampaikan dengan aktifnya pos ini bukan untuk menghambat, tetapi menjaga masyarakat desa dari corona,” Dady menambahkan.

Petugas pengawas pos jaga harus melakukan pendataan terhadap arus keluar masuk warga, khususnya perantau yang kembali ke desa dan tamu, disertai status mereka sebagai orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP).

Data tersebut kemudian dilaporkan oleh petugas kepada pihak berwenang, yakni tim kesehatan yang berada di tingkat kabupaten.

“Warga desa sendiri juga harus didata. Siapa, kemana perginya. Mereka harus diperiksa dengan alat-alat yang disiapkan,” katanya.

Sementara bagi warga desa setempat, pekerja atau pelajar rantau yang baru kembali, karantina bisa dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing ucap Budiono.

Penulis :Jumain

Komentar

News Feed