oleh

Aksi Gabungan Masyarakat dan Aktivis Dukung Kejati Nyidik Dugaan Korupsi di DPRD Provinsi

Berita SidikKasus.co.id

PANGKALPINANG – Gabungan Civitas Akademika, Aktivis dan Masyarakat Bersatu menggelar aksi dukungan atas penyidikan perkara korupsi yang sedang berlangsung di Pidsus Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung. Berupa dugaan korupsi pada DPRD Bangka Belitung.

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan oleh 3 pentolan aksi di halam Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung yakni Dr. Marshal Imar Pratama, aktivis Marsup dan M Setiawan dugaan perkara tipikor:

1. Dugaan korupsi atas tunjangan transportasi (mobil dinas) pimpinan dewan Provinsi Bangka Belitung Rp 26.252.000 per-pimpinan/ perbulan kurun 2019 sd 2021.
2. dugaan adanya penyimpangan anggaran trasportasi rp 7 juta perhari para dewan Provinsi Bangka Belitung.
3. Dugaan korupsi SPPD tahun 2017

“Atas adanya penyidikan tersebut satu sisi kita sangat apresiasi serta mendorong tinggi sekaligus kita menilai kehadiran institusi hukum kejaksaan mampu menunjukan kepada masyarakat kalau mereka hadir dan bernyali dalam melakukan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi di Bangka Belitung.

Dalam penyidikan ini semua kita berharap institusi Kejaksaan Tinggi yang dipimpin oleh bapak Daroe Tri Sadono agar mampu menunjukan integritas, profesionalisme serta independensinya di hadapan masyarakat dan publik. Dalam artian bebas dari intervensi dan lobi-lobi politik lokal. Dan yang terpenting adalah kejaksaan tinggi selaku institusi induk dari Kejaksaan di Bangka Belitung mampu menunjukan kepada jajaran di seluruh kejari dan cabjari sebagai rule model (contoh) dalam penanganan perkara korupsi yang independen, berintegritas, profesional dan bebas intervensi politik,” seru Marshal dalam aksinya.
Sudah saatnya juga bapak Kajati Daroe Tri Sadono sebagai pimpinan tertinggi mampu menggerakan jajaranya terutama jaksa penyidik untuk mampu memiliki produk penyidikan tipikor yang kelas kakap bukan kelas teri. Sekaligus mampu membongkar terduga pelaku dalam kelompok sekaligus pejabat pengambil kebijakan dan politis serta pemegang anggaran besar daerah.
Maka dari itu, sekali lagi kami sebagai masyarakat sangat mendorong supaya dugaan korupsi pada DPRD Bangka Belitung ini mampu dibongkar secara paripurna tanpa khawatir akan intervensi politik dan kekuasaan lokal. Kami sebagai masyarakat akan senantiasa berada disamping pihak bapak mendorong dan berdoa agar bapak dan jajaran selamat di dunia dan akherat.
“Untuk bapak ketahui, kondisi masyarakat Bangka Belitung saat ini dalam kondisi yang memprihatinkan terlebih saat badai covid 19 menghantam. Lapangan pekerjaan sangat susah, pengangguran terus bertambah dan angka kriminalitas tinggi. Lapangan pekerjaan yang menjadi harapan besar hanyalah sektor pertambangan,” sebut Doktor Ekonomi.

Nah, sebagai rakyat sangat berharap bila wakil rakyatnya di gedung DPRD sana mampu membuat kebijakan serta penganggaran yang pro kepada kesejahteraan rakyat banyak bukan sekedar untuk kepentingan segelintir individu & kelompok.

“Maka dari itu -kesempatan ini- dengan adanya dugaan persoalan hukum seperti ini, jangan tunggu lama atas nama hukum dan rakyat!!! Maka sikattttt !!!! Teruskan penyidikan secara transparan, profesional dan berintegritas sampai kepada penuntutan ke tingkat peradilan tipikor. Allohu akbarr…. Tuhan bersama kita semua,” tandasnya.

Pernyataan sikap tersebut diterima langsung oleh Kasi Penkum Basuki Raharjo. “Terima kasih atas dukunganya. Akan kami sampaikan langsung kepada pimpinan,” tukasnya(red)

Komentar

News Feed