Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam Terima Masukan dan Kritikan Dari Siapa Saja Berkaitan Dengan Pelayanan

Berita. Sidikkasus.co.id

Agam – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Agam, Provinsi Sumatera Barat, membuka ruang bagi masyarakat daerah itu untuk berdialog mengenai seputaran layanan administrasi kependudukan, Jum’at (2/10/2020).

Dialog secara virtual melalui program Dukcapil Menyapa Masyarakat ini, dilaksanakan bersama Kepala Disdukcapil Agam, Misran mulai pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

“Ini adalah program nasional yang dilaksanakan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, khusus Agam dijadwalkan hari ini,” ujar Misran.

Dalam forum ini ia memberi ruang kepada masyarakat untuk bertanya mengenai pengurusan adminduk, sehingga berbagai pertanyaan, kritikan dan saran bermunculan dalam meeting zoom tersebut.

“Forum ini dibentuk memang untuk memberikan informasi, serta menerima keluhan dan masukan dari masyarakat tentang adminduk seperti KTP-el, kartu keluarga, akta kelahiran, surat pindah dan lainnya,” kata Misran.

Satu jam berdialog dengan masyarakat, banyak masukan dan kritikan diterimanya dari masyarakat, yang akan menjadi motivasi baginya dalam meningkatkan pelayanan ke depan.

Dikatakannya, kegiatan ini diikuti tidak hanya dari kalangan masyarakat, tapi juga wali nagari dan perantau. Sehingga dengan informasi yang disampaikan dalam forum ini akan mempermudah masyarakat dalam mengurus adminduk.

“Pengalaman selama ini masyarakat mengurus adminduk kebanyakan tidak membawa persyaratan lengkap, yang membuat mereka bolak balik bahkan membutuhkan biaya untuk transportasi,” terangnya.

Melalui Dukcapil Menyapa Masyarakat ini, katanya, masyarakat akan menjadi tahu apa saja yang harus dibawa ketika mengurus adminduk, sehingga akan mempermudah mereka dalam berurusan.

“Kita berharap melalui kegiatan ini kesadaran masyarakat untuk mengurus adminduk meningkat, karena pengurusan adminduk sangat dianjurkan oleh pemerintah,” jelasnya.
(Anto)

Komentar