oleh

4 Mahasiswi UNEJ Belajar Buat Kerajinan Piring Plastik

Berita sidikkasus.co.id

Jember – Mahasiswi Universitas Jember (UNEJ) menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah.Oleh pihak LP2M empat mahasiswi dikirim terjun ke masyarakat desa dalam program back to village.Membuat kerajinan tangan, yaitu piring berbahan baku plastik, Jember (19/08/21).

Salah satu mahasiswi, Plasida Geustin Adindra mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember mengatakan ia bersama ketiga temannya sedang belajar membuat piring plastik dari bahan gelas plastik bekas.

“Program kerja yang kami lakukan yaitu pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan memanfaatkan limbah gelas plastik ” ucap Kepada wartawan dilokasi.

Setelah mengetahui dan menguasai tehnik cara membuat dan merangkai piring plastik (limbah gelas plastik) ia dan teman-temannya akan menularkan kepada ibu-ibu di Desa Jatisari (tempat mereka KKN).

Dia berharap ada pemberdayaan masyarakat tumbuh terutama di kalangan perempuan desa. Sekaligus dapat mengurangi permasalahan sampah rumah tangga.

Dari pantauan awak media dilokasi, Ke-empat mahasiswa sedang belajar langsung di rumah Nunung Djuariah, pengrajin piring plastik berbahan dasar gelas plastik bekas.

Terlihat Nunung mulai mengajari dari awal. Teknik cara memisahkan bibir gelas plastik dari badan gelas, memilah setiap jenis gelas tertentu.

Untuk merajut gelang- gelang dibutuhkan ketelitian baik cara pengabungan gelang dan teknik tali- temali sehingga akan menghasilkan sebuah piring yang memuaskan. Untuk menghasilkan satu buah piring dibutuhkan 50 gelas (Gelang) plastik.

Agindra dan teman-temannya berharap apa yang dipelajari nantinya bisa disalurkan kepada ibu-ibu di desa dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Jatisari. (Herman).

Komentar

News Feed