oleh

11 Ba Otsus Papua Belajar Membuat Kopi Osing Khas Banyuwangi

Berita Sidik Kasus.co.id

BANYUWANGI – Sebelas orang Bintara abituren (lulusan) Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus (Dikjurba Otsus) TNI AD Tahun 2021 di Kodim 0825/Banyuwangi Kodam V/Brawijaya dari Kodam XVIII Kasuari, Papua kini tengah melaksanakan kegiatan latihan kerja (OJT) aplikasi atau praktik pendalaman materi teritorial di Kodim 0825/Banyuwangi.

Kedatangan 11 Ba Otsus tersebut didampingi langsung oleh Mayor Inf Herawady Karnawan Kasdim 0825/Banyuwangi dan setibanya di Desa Kemiren mereka langsung dipakaikan udeng gajah oleng dan disambut hangat oleh Danramil Glagah para pengiat UMKM dan jajaran Forkopimka, Selasa 12/10/2021.

Mereka dikenalkan cita rasa kopi oseng dan cara membuat kopi yang benar dari berbagai potensi ekonomi dan sosial masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Kunjungan Ba Otsus tersebut belajar tentang cara memasak atau sangrai kopi secara benar dan perkenalan bermacam kopi dan rasa yang nantinya bisa di kembangkan baik secara peribadi maupun di salurkan ke masyarakat apa bila kembali ketanah asalnya papua.

Dalam kegiatan tersebut Ba Otsus diperkenalkan sumber daya alam dan dinasti wisata di Banyuwangi. Salah satunya kopi oseng khas Banyuwangi. Kopi Osing merupakan salah satu produk andalan daerah Banyuwangi. Kopi jenis ini berasal dari pohon kopi yang tumbuh di lembah antara pantai dan gunung di Banyuwangi.

Menurut Mayor Inf Herawady Karnawan menyampaikan materi yang dikenalkan ini diharapkan dapat menjadi bekal mereka nantinya dalam melaksanakan tugas menjadi Babinsa di daerah asal mereka, Papua.

Rudi, salah satu pegiat UMKM Kopi Oseng Banyuwangi ini juga antusias menyambut kedatangan para Bintara Otsus dari Papua dan berharap dapat saling bekerja sama ke depannya.

Pewarta: Edi/Indah

Komentar

News Feed